Pada tugas kali ini, kami akan membuat 3 macam dashboard
yang berbeda. Tema pada tugas kali ini adalah Dashboard Operational, Dashboard
Analytical, dan Dashboard Adhoc. Tiga dashboard yang akan kami membuat memiliki
studi kasus yang hampir terkait namun memiliki perbedaan fungsi dan tampilan
Untuk kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang
dashboard Adhoc dan operasional, dimana dashboard ini memiliki tantangan
tersendiri dalam memberikan gambaran yang jelas untuk sebuah kasus yang biasa
Seperti kita ketahui bersama, Adhoc merupakan istilah
populer yang memiliki arti “ dibentuk / dilakukan untuk maksud satu tertentu”.
Contoh paling simpel adalah pengadilan Adhoc yang mengurusi kasus-kasus
tertentu yang menyedot perhatian dan butuh penanganan khusus. Atau Komisi Adhoc
dalam sebuah organisasi yang akan mengurusi terkait suatu hal yang ingin
diselesaikan atau dituju.
Jika kita menyambung dengan studi kasus ini, maka dashboard
Adhoc dapat diartikan sebagai dashboard yang akan menampilkan sesuatu gambaran
visual terkait sebuah kasus atau kejadian yang membutuhkan perhatian lebih agar
dapat dilakukan improvisasi. Dashboard Adhoc disini haruslah jelas tanpa
memiliki maksud atau tujuan lain yang diambil pada saat pemrosesan visualnya
nanti.
Pada tugas ini, kami ingin memvisualisasikan kondisi
penjualan di akhir tahun yang biasanya bertepatan dengan hari raya Natal dan
Tahun Baru. Biasanya, periode-periode ini menjadi sebuah harapan dan kenyataan
(biasanya) bagi para produsen dan penjual terkait penjualan produk-produknya
akan meningkat seiring kenaikan kebutuhan manusia yang mungkin ingin merayakan
hari raya Natal dan Tahun Baru, maupun sekedar menikmati liburan yang biasanya
cukup panjang.
Berdasarkan beberapa sumber berita, biasanya akhir tahun
terjadi peningkatan di segala lini produk, mulai dari mobil, Ritel, Elektronik,
bahkan properti juga ikut keruntuhan durian untung ketika akhir tahun karena
terjadinya peningkatan penjualan. Hal ini biasanya digunakan oleh para perusahaan
untuk mengeruk keuntungan sekaligus menutup tahun dengan catatan penjualan yang
gemilang diatas kertas.
Lalu apa yang akan kita bahas pada dashboard Adhoc? Pada
dashboard Adhoc ini kita akan menampilkan 4 informasi penting terkait penjualan
di akhir tahun, Pengeluaran perusahaan, barang yang paling laku terjual,
dan negara yang paling aktif dalam
melakukan jual beli pada periode akhir tahun yang kami tetapkan pada tanggal 20
Desember hingga 3 Januari. Periode-periode ini diprediksi menjadi basis kegiatan
para pelanggan untuk membeli kebutuhan-kebutuhannya
Apa saja yang akan ditampilkan pada tiap informasi? Pada
penjualan, kita akan membahas tentang total penjualan yang terjadi pada 3
periode yang ada pada data tersebut. Selain itu, kita ingin menampilkan
rata-rata penjualan pada periode akhir tahun tersebut. Harapannya hal ini akan
memberikan gambaran kepada manajemen bagaimana kondisi penjualan yang terjadi
pada periode akhir tahun tersebut.
Pada informasi pengeluaran, kita ingin menampilkan besar pengeluaran
yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam menyambut kegiatan akhir tahun.
Biasanya, dalam sebuah periode yang menarik seperti akhir tahun, pengeluaran
perusahaan akan bertambah seiring dengan adanya usaha untuk menarik sebanyak
mungkin pelanggan baru. Dari pengeluraran-pengeluaran yang biasanya terjadi di
perusahaan, kami mengidentifikasikan adanya pengeluaran untuk diskon,
transportasi dan produksi.
Pada pengeluaran untuk diskon, kami melihat seberapa banyak
diskon yang ada mempengaruhi keuangan perusahaan. Biasanya dengan adanya diskon
akan memberikan dampak pada naiknya penjualan produk tersebut. Oleh karena itu
diskon kami anggap bisa menjadi pos pengeluaran bagi perusahaan untuk menarik
pelanggan baru.
Selain itu, ada ongkos produksi yang harus diambil oleh
perusahaan. Hal ini dikarenakan akan banyaknya libur serta pengeluaran untuk
memberikan insentif bagi karyawan yang lembur. Selain itu adanya peningkatan
penjualan akan menghasilkan kebutuhan barang yang tinggi sehingga produksi juga
harus dapat ditingkatkan. Hal ini akan memaksa perusahaan untuk menambah
kapasitas produksi, baik membayar tenaga maupun teknologi
Arus barang pada akhir tahun juga harus diperhatikan. Hal
ini dikarenakan tingginya kepadatan akan mempengaruhi kecepatan barang sampai
pada pembeli bisa terganggu. Padahal perusahaan yang bergerak pada bidang
internet sales seharusnya dapat memberikan kepastian dan pelayanan terbaik agar
barang yang dibeli bisa sampai pada pembeli pada waktu yang tepat. Hal ini akan
memaksa perusahaan untuk menambah ongkos transportasi jika ingin memberikan
pelayanan yang lebih bagi pelanggan agar kepuasan pelanggan tetap baik dan
citra perusahaan tetap tinggi.
Selain itu, kita ingin menampilkan informasi terkait produk
yang terlaris pada periode tersebut. Hal ini akan memberikan gambaran pada
manajemen terkait posisi dan perubahan barang apa yang terjadi di setiap
periode akhir tahun di 3 tahun berbeda. Barang yang ingin kami tampilkan pada
setiap periode adalah 5 produk sehingga bisa memberikan gambaran yang baik bagi
manajemen dengan perspektif yang berbeda.
Selain itu kita akan menampilkan informasi terkait negara
apa yang paling aktif berbelanja di periode akhir tahun. Dari 6 negara yang
menjadi pusat dagang perusahaan, kita ingin memberikan gambaran pada manajemen
bagaimana kondisi negara tersebut terhadap penjualan dan pendapatan perusahaan
di periode akhir tahun. Harapannya manajemen dapat menjawab tantangan baru
terkait pemilihan wilayah yang ingin difokuskan oleh perusahaan sehingga
mendatangkan pendapatan dan penjualan yang menguntungkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar