Contoh Studi Kasus Dashboard Adhoc

Selasa, 29 Desember 2015

Pada tugas kali ini, kami akan membuat 3 macam dashboard yang berbeda. Tema pada tugas kali ini adalah Dashboard Operational, Dashboard Analytical, dan Dashboard Adhoc. Tiga dashboard yang akan kami membuat memiliki studi kasus yang hampir terkait namun memiliki perbedaan fungsi dan tampilan

Untuk kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang dashboard Adhoc dan operasional, dimana dashboard ini memiliki tantangan tersendiri dalam memberikan gambaran yang jelas untuk sebuah kasus yang biasa

Seperti kita ketahui bersama, Adhoc merupakan istilah populer yang memiliki arti “ dibentuk / dilakukan untuk maksud satu tertentu”. Contoh paling simpel adalah pengadilan Adhoc yang mengurusi kasus-kasus tertentu yang menyedot perhatian dan butuh penanganan khusus. Atau Komisi Adhoc dalam sebuah organisasi yang akan mengurusi terkait suatu hal yang ingin diselesaikan atau dituju.

Jika kita menyambung dengan studi kasus ini, maka dashboard Adhoc dapat diartikan sebagai dashboard yang akan menampilkan sesuatu gambaran visual terkait sebuah kasus atau kejadian yang membutuhkan perhatian lebih agar dapat dilakukan improvisasi. Dashboard Adhoc disini haruslah jelas tanpa memiliki maksud atau tujuan lain yang diambil pada saat pemrosesan visualnya nanti.
Pada tugas ini, kami ingin memvisualisasikan kondisi penjualan di akhir tahun yang biasanya bertepatan dengan hari raya Natal dan Tahun Baru. Biasanya, periode-periode ini menjadi sebuah harapan dan kenyataan (biasanya) bagi para produsen dan penjual terkait penjualan produk-produknya akan meningkat seiring kenaikan kebutuhan manusia yang mungkin ingin merayakan hari raya Natal dan Tahun Baru, maupun sekedar menikmati liburan yang biasanya cukup panjang.

Berdasarkan beberapa sumber berita, biasanya akhir tahun terjadi peningkatan di segala lini produk, mulai dari mobil, Ritel, Elektronik, bahkan properti juga ikut keruntuhan durian untung ketika akhir tahun karena terjadinya peningkatan penjualan. Hal ini biasanya digunakan oleh para perusahaan untuk mengeruk keuntungan sekaligus menutup tahun dengan catatan penjualan yang gemilang diatas kertas.

Lalu apa yang akan kita bahas pada dashboard Adhoc? Pada dashboard Adhoc ini kita akan menampilkan 4 informasi penting terkait penjualan di akhir tahun, Pengeluaran perusahaan, barang yang paling laku terjual, dan  negara yang paling aktif dalam melakukan jual beli pada periode akhir tahun yang kami tetapkan pada tanggal 20 Desember hingga 3 Januari. Periode-periode ini diprediksi menjadi basis kegiatan para pelanggan untuk membeli kebutuhan-kebutuhannya

Apa saja yang akan ditampilkan pada tiap informasi? Pada penjualan, kita akan membahas tentang total penjualan yang terjadi pada 3 periode yang ada pada data tersebut. Selain itu, kita ingin menampilkan rata-rata penjualan pada periode akhir tahun tersebut. Harapannya hal ini akan memberikan gambaran kepada manajemen bagaimana kondisi penjualan yang terjadi pada periode akhir tahun tersebut.

Pada informasi pengeluaran, kita ingin menampilkan besar pengeluaran yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam menyambut kegiatan akhir tahun. Biasanya, dalam sebuah periode yang menarik seperti akhir tahun, pengeluaran perusahaan akan bertambah seiring dengan adanya usaha untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan baru. Dari pengeluraran-pengeluaran yang biasanya terjadi di perusahaan, kami mengidentifikasikan adanya pengeluaran untuk diskon, transportasi dan produksi.
Pada pengeluaran untuk diskon, kami melihat seberapa banyak diskon yang ada mempengaruhi keuangan perusahaan. Biasanya dengan adanya diskon akan memberikan dampak pada naiknya penjualan produk tersebut. Oleh karena itu diskon kami anggap bisa menjadi pos pengeluaran bagi perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Selain itu, ada ongkos produksi yang harus diambil oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan akan banyaknya libur serta pengeluaran untuk memberikan insentif bagi karyawan yang lembur. Selain itu adanya peningkatan penjualan akan menghasilkan kebutuhan barang yang tinggi sehingga produksi juga harus dapat ditingkatkan. Hal ini akan memaksa perusahaan untuk menambah kapasitas produksi, baik membayar tenaga maupun teknologi

Arus barang pada akhir tahun juga harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan tingginya kepadatan akan mempengaruhi kecepatan barang sampai pada pembeli bisa terganggu. Padahal perusahaan yang bergerak pada bidang internet sales seharusnya dapat memberikan kepastian dan pelayanan terbaik agar barang yang dibeli bisa sampai pada pembeli pada waktu yang tepat. Hal ini akan memaksa perusahaan untuk menambah ongkos transportasi jika ingin memberikan pelayanan yang lebih bagi pelanggan agar kepuasan pelanggan tetap baik dan citra perusahaan tetap tinggi.
Selain itu, kita ingin menampilkan informasi terkait produk yang terlaris pada periode tersebut. Hal ini akan memberikan gambaran pada manajemen terkait posisi dan perubahan barang apa yang terjadi di setiap periode akhir tahun di 3 tahun berbeda. Barang yang ingin kami tampilkan pada setiap periode adalah 5 produk sehingga bisa memberikan gambaran yang baik bagi manajemen dengan perspektif yang berbeda.

Selain itu kita akan menampilkan informasi terkait negara apa yang paling aktif berbelanja di periode akhir tahun. Dari 6 negara yang menjadi pusat dagang perusahaan, kita ingin memberikan gambaran pada manajemen bagaimana kondisi negara tersebut terhadap penjualan dan pendapatan perusahaan di periode akhir tahun. Harapannya manajemen dapat menjawab tantangan baru terkait pemilihan wilayah yang ingin difokuskan oleh perusahaan sehingga mendatangkan pendapatan dan penjualan yang menguntungkan


Output yang kita inginkan sebagai bagian draft adalah sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Syukur Ikhsani.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License